Minggu, 09 Agustus 2009

Pakaian Pengantin

Diposkan oleh Liza Astriani di 09.37
Diantara pembaca pasti banyak yang sudah mengenal model pakaian pengantin Palembang.

Memang, kalau dilihat secara umum ya intinya busana pengantin Palembang megah, wah, didominasi warna emas dan merah yang sangat mencolok.
Padahal apabila kita mengenal lebih dekat, ada banyak sekali jenis busana pengantin Palembang. Kenapa ? ya sudah pasti karena banyak pula daerah serta percampuran budaya di Sumatera Selatan. Misalnya saja ada daerah suku Komering, nah Komering ini pun ada berbagai suku lagi, belum lagi daerah yang lain.


Jadi wajarlah kalau Indonesia sangat kaya akan budaya, untuk satu daerah Palembang saja kta menemukan berbagai macam busana pengantin berbagai jenis, apalagi kalau di tambahkan dengan daerah lain. Salah satunya yang dibawah ini.



Saya kurang tahu jenisnya apa. Cuma disini umumnya kami menyebut dengan nama busana pengantin Aesan Gede. Mungkin identik dengan khusus bangsawan atau orang gede kali ya :).
Terlepas dari itu semua, detil dari jenis busana ini sangat mengagumkan, dimulai dari hiasan kepala, yang berbentuk mahkota dan dihiasi dengan batu-batu yang mungkin dulunya berupa berlian asli. Kemudian yang menutupi dada, biasa disebut dengan teratai, kalung, gelang serta pernak-pernik lainnya. Dan yang pasti tidak akan pernah ketinggalan adalah kain songket, kain khas tenunan asli daerah Palembang.


Nah kalau yang diatas ini kami menyebut nya dengan model busana pengantin Pak Sangko, ciri khasnya terletak dari model pakaiannya yang tertutup beda dengan model Aesan Gede seperti diatas. Walau begitu, model Pak Sangko ini tidak kalah mewah apabila dibandingkan dengan model yang satunya, selain memiliki detil busana yang mengagumkan, model busana ini dilengkapi pula dengan perhiasan serta pernak-pernik yang lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Meja Perempuan Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare